Written By Dwinursetiadi on Saturday, January 31, 2015 | 11:00 PM



Komik dapat meningkatkan kemampuan visual anak. Sekarang ini makin banyak komik yang beredar di masyarakat. Namun tidak sedikit pula yang mengesampingkan keberadaan komik, terutama para orang tua. Karena menurutnya komik banyak membawa dampak yang kurang baik. Tapi dibalik kekhawatiran tersebut, ada dampak positif tersendiri yang tidak disadari oleh orang banyak.

Menurut komikus tanah air dan salah satu pendiri re:ON Comics, Yudha Negara Nyoman, komik dapat meningkatkan kemapuan visual spasial pada seorang anak. 

“Kecerdasan visual spasial anak akan membentuk mereka menjadi pribadi yang mampu memahami, memproses dan berpikir dalam bentuk visual,” tambahnya di Jakarta, Sabtu (31/1).

Lanjutnya, ia menjelaskan bahwa seorang anak yang memiliki kecerdasan visual spasial mampu memahami tata letak, arah dan posisi.

Kata Yudha, mengutip pernyataan dari pakar pendidikan dari Universitas Harvard Amerika Serikat, Howard Gardner, anak yang memiliki kecerdasan visual mampu mengamati dunia spasial secara akurat, bahkan membayangkan bentuk-bentuk geometri dan tiga dimensi serta kemampuan memvisualisasikan dengan grafik atau ide tata ruang.

Dia menambahkan dan menjelaskan bahwa kemampuan menggambar sebagai sebuah kecerdasan visualisasi spasial, bukan hanya dibutuhkan untuk menciptakan ilustrasi yang berkualitas, melainkan juga memiliki kontribusi dalam menciptakan generasi-generasi dengan berbagai macam profesi yang dapat menjadi kekuatan penopang pembangunan bangsa.

Selain memiliki keinginan kuatmemajukan industri kreatif di Tanah Air dan memajukan kejayaan komik Indonesia, re:ON Comics didirikan juga untuk membantu mengembangkan kecerdasan visualisasi spasial anak dan tidak hanya membantu mereka untuk menjadi seseorang yang jago dalam membuat komik. Juga membantu menciptakan generasi yang memiliki kecerdasan visual sekaligus memiliki kemampuan bercerita dengan baik.

Yudha sering merasa terharu dengan kegigihan anak-anak di luar pulau jawa yang sering mengalami keterbatasan sarana dan prasarana dalam menggambar. Meskipun dalam keadaan terbatas, anak-anak tersebut tidak patah semangat dan tetap menggambar dengan segala kemampuan yangmereka miliki secara maksimal. Oleh karena itu re:ON Comics selalu siap menerima karya komikus local dari seluruh Tanah Air.

“Akan tetapi, setelah melihat karya mereka memiliki potensi yang luar biasa, kami merasa memiliki tanggung jawab moral untuk membantu mengasah mereka agar dapat merealisasikan potensi mereka menjadi suatu karya nyata yang professional,” tutupnya.

Sumber: Berita Satu

0 komentar:

Post a Comment