Written By Dwinursetiadi on Monday, November 24, 2014 | 1:25 AM



Penjualan komik lokal kini semakin menanjak. Hal ini menjadi bukti bahwa komik local semakin digemari.

Yudha Negara Nyoman selaku pendiri PT Wahana Inspirasi Nusantara yang menerbitkan majalah komik re : ON Comics. Dia mengatakan, “Awal terbit kami hanya mencetak 10.000 eksemplar. Tapi sekarang naik menjadi 17.000 eksemplar untuk setiap edisi,” saat berada di HelloFest Anima Expo 2014, Tenis Indoor Senayan, kemarin (Minggu 23/11/14).

Majalah komik re: ON yang saat ini hanya bisa didapatkan di minimarket sekitar Jabodetabek dan Bandung, sebenetar lagi akan merambah wilayah Yogyakarta. Yudha menambahkan bahwa tahun depan dia berharap majalah komik re: ON dapat berada di seluruh wilayah Jawa.

Yudha juga mengatakan hal yang menjadi kendala utama mengembangkan komik lokal. Yaitu para penulis komik saat ini belum bisa disiplin dalam hal tenggat waktu. Banyak para penulis komik yang tidak bisa mengikuti deadline.

Namun menurut Chris Lie, komikus Indonesia yang sudah terkenal di dunia internasional, mengutarakan hal yang berbeda. Pria yang mendirikan Caravan Studio ini mengatakan bahwa kendala utamanya adalah pendidikan. Tidak seperti di Indonesia, di Jepang terdapat banyak sekali sekolah untuk membuat komik. Sehingga banyak komikus yang memiliki ilmu memadai dan bisa meningkatkan kualitasnya. Tetapi meskipun dalam pemasaran masih kalah, komik lokal memiliki materi yang tidak kalah dengan komik dari Jepang, tambahnya.

Untuk itu dengan hadirnya ajang seperti HelloFest ini diharapkan dapat mengembangkan komik lokal agar menjadi lebih baik lagi di masa depan.



Sumber:
Metrotvnews.com
Suarasurabaya.net

0 komentar:

Post a Comment